Doa sapu jagad paling ampuh



 doa sapu jagat

doa sapu jagat merupakan salah satu doa yg cukup sering dibacakan oleh Rasulullah SAW, karena khasiat doa sapu jagad ini memang sangat dahsyat maknanya. Meskipun bacaan doa ini tidak terlalu panjang, namun bacaan doa sapu jagat ini sudah mencakup semua hal di dunia maupun akhirat. Dan bacaan doa ini juga dikenal dengan bacaan doa selamat dunia akhirat karena memang makna dari bacaan doa tersebut sudah mencakup seluruh keinginan manusia di dunia dan akhirat Selain itu, adapula yang mengatakan jika doa ini bisa mendapatkan wanita yang solihah.

bacaan doasapu jagad Adapun untuk anda yang mungkin ingin memanjatkan doa sapu jagad ini, namun anda belum mengetahui bacaan doa-nya seperti apa, Maka alangkah baiknya apabila anda melihat terlebih dulu bacaan doa yang pada kesempatan hari ini akan kami sajikan khusus buat anda, Dengan anda melihat terlebih dulu bacaan doa yang akan kami berikan hari ini, maka nantinya bagi anda yang ingin membaca doa ini selepas shalat jadi sudah bisa membacanya Adapun untuk bacaan doa yang akan kami sajikan hari ini akan kami sajikan menggunakan bahasa arab berserta dengan tulisan latinnya.

Sehingga bagi anda yang mungkin sekiranya belum cukup lancar dalam membaca bahasa arab, maka anda dpt membaca tulisan latin yang telah kami sajikan pula Selain itu juga kami menyajikan artinya, sehingga anda bukan hanya saja bisa membaca doa tersebut, namun anda juga akan mengetahui makna dari bacaan doa yang anda baca tersebut. Bagi anda yang sekiranya merasa sudah tidak sabar ingin mengetahui secara lengkap bacaan doa sapu jagad yang akan kami sajikan hari ini. Maka mari bersama-sama kita melihat bacaan doa tersebut secara lengkap dibawah ini.

Bacaan Doa Sapu Jagad Tulisan Arab, Latin dan Terjemahannya

رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanaa aatinaa fiddunyaa hasanah wafilaakhirati hasanatawwaqinaa adzaa ban naar.

Artinya : Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.

Dalam sebuah hadits dikatakan bahwa doa sapu jagad ini termasuk doa yang sering dibaca oleh Nabi Muhammad SAW. Berikut bunyi hadist tersebut :

كَانَ أكثرُ دعاءِ النبيّصلى الله عليه وسلم – : (( اللَّهُمَّ آتِنَا في الدُّنْيَا حَسَنَةً ، وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً ، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ )) متفقٌ عَلَيْهِ

Artinya : Doa yang lebih sering diucapkan Rasulullah shallAllahu

wa’alaihi wa sallam adalah Allahumma aatina fid dunyaa hasanah, wa fil akhiroti hasanah, wa qinaa ‘adzaban naar (Ya Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari adzab Neraka).” (HR. Bukhari dan Muslim).

Bacaan doa sapu jagat ini mencakup tiga hal,yaitu meminta kenikmatan di dunia, kenikmatan akhirat, dan juga dpt terbebas dari siksa api neraka. Semua hal tersebut tentunya sudah mencapuk segala hal yang menjadi keinginan manusia, karena setiap manusia pastinya tidak hanya ingin bahagia di dunia saja, namun juga ingin bahagia di akhirat. Dan barang siapa yang dengan rajin membacakan doa ini, maka atas seizin Allah SWT. Maka kita akan mendapatkan kenikmatan tersebut.Mendapatkan jodoh yang soleh dan solehah, hadist dari Ibnu Abbas RA.

yang menngatakan jika makna dari hasanah atau kebahagian di dunia salah satunya merupakan menikahi orang yang soleh atau solehah. Dapat menyehatkan lahir maupun batin, meskipun bacaan doa sapu jagad ini sangat pendek. Namun bacaan doa ini memiliki makna yang begitu besar, dan salah satunya ialah dapat memberikan kesehatan lahir maupun batin bagi orang yang membacanya. Melapangkan hati seseorang yang sedang terkena musibah, Rasulullah SAW pernah memabcakan doa ini pada saat menjenguk saudaranya yang tengah sakit. Dan atas seizin dari Allah SWT, maka saudaranya itu sembuh.Mendapatkan kenikmatan akhirat, hasanah di akhirat memiliki arti terbebas dari rasa takut pada saat di padang mahsyar karena mendapat naungan dari Allah SWT. Mendapatkan syafaat dari Rasulullah SAW,mendapatkan hisab yang ringan, selamat dalam menyeberangi jembatan diantara dua tepi neraka jahanam, mendapatkan pahala yg berlimpah,dan mendapatkan ampunan serta ridha Allah SWT.

Dan diakhir kalimat doa ini yang bunyinya “wa qina ‘adzbannar” yang memiliki arti “dan hindarkanlah kami adzab api neraka”. Orang yang sering membaca doa sapu jagad ini niscaya akan terhindar dari siksa api neraka.

Demikian sekiranya untuk Khasiat Bacaan Doa Sapu Jagad dan Artinya dari kami pada kesempatan hari ini, mudah-mudahan saja sedikit penjelasan mengenai bacaan doa yang baru saja kami sajikan tadi diatas itu bisa memberikan manfaat yang begitu besar kepada anda. Dan jangan lupa pula bagi anda untuk kembali melihat-lihat beberapa bacaan doa lain yang sudah pernah kami sajikan pula pada kesempatan sebelumnya, mungkin saja salah satu dari beberapa bacaan doa yang sudah pernah kami sajikan itu ada yang sesuai dengan apa yang sedang anda cari.

Doa Sapu Jagad Dan Manfaatnya Bagi manusia
Doa sapu jagad adalah doa yang dipanjatkan kepada Allah yang menyangkut semua hal dengan bahasa yang sangat simple dan doa itu adalah

اللَّهُمَّ آتِنَا في الدُّنْيَا حَسَنَةً ، وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً ، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Allahumma (Robbana) aatina fid dunyaa hasanah, wa fil akhiroti hasanah,wa qinaa ‘adzaban naar.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam Sangat Menyukai Do’a yang Singkat Namun Penuh Makna. Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau berkata,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَسْتَحِبُّ الْجَوَامِعَ مِنْ الدُّعَاءِ وَيَدَعُ مَا سِوَى ذَلِكَ

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyukai doa-doa yang singkat padat, dan meninggalkan selain itu.” (HR. Abu Daud no. 1482, dikatakan shahih oleh Syaikh Al Albani) Hadits ini menunjukkan beberapa hal Dianjurkannya do’a dengan lafadz yang ringkas namun mengandung banyak makna kebaikan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah diberi keistimewaan dengan jawami’ul kalim, yaitu diberikan kalimat-kalimat yang ringkas ketika diucap namun mengandung banyak makna dalam hukum dan ilmu.Kalimat yang paling baik adalah kalimat yang sedikit (ringkas),namun syarat makna. Oleh karena itu, sangat dianjurkan seseorang menggapai maksud dari pembicaraan dengan kalimat yang mudah,namun sarat makna.

Jangan membaca doa yang sangat panjang tetapi kita tidak iklas dalam berdoa dan semua itu jangan sampai karena imbalan , misalkan saja jika anda diminta memimpin doa di rumah oraang miskin doanya sangat cepat dan pendek sedangkan untuk doa yang dirumah orang kaya sangat panjang dan lama. Doa dari hati meskipun pendek dan sungguh sunguh Insya Allah dikabulkan Allah SWT.

5 Manfaat Doa Sapu Jagat bagi Dunia dan Akhirat
Doa sapu jagad merupakan doa yang singkat namun memiliki manfaat yang dahsyat. Sesuai dengan nama dari doa sapu jagad ini doa ini memberikan kemudahan untuk dunia dan akhirat. Maka tak heran jika Rasulullah SAW sendiri sering mengamalkan untuk membaca doa ini dalam kehidupan sehari-hari beliau. Doa sapu jagad memiliki arti yakni “Ya Tuhan kami berilah kami kebaikan hidup didunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.

Dalam prakteknya doa sapu jagad ini sudah diajarkan dari sekolah dasar dan menjadi doa penutup dari setiap doa yang dipanjatkan sesudah melaksanakan sholat fardhu. Di balik keindahan arti dari doa sapu jagad ini ada segudang manfaat jika diamalkan dalam hidup. Berikut ini mengenai manfaat dari doa sapu jagad antara lain :

1.Kenikmatan dunia yang terasa
Kenikmatan merupakan tujuan dari kehidupan manusia dalam hidup didunia.Kenikmatan dunia hanya dapat terwujud dari kedekatan yang dibangun dan kepercayaan pada takdir dari Allah SWT. Dimanapun berada meskipun dunia dalam genggamannya namun jika jauh dari Allah SWT semua yang di miliki tidak berarti apa-apa. Sehingga kenikmatan dunia yang menurutnya hanya sebatas harta dan kekuasaan terasa begitu hampa. Kenimkatan dan kebahagian tetap tidak terasa dihati meskipun kekayaan telah mencapai tirliunan. Namun berbeda dengan seseorang yang zuhud akan dunia.Berapapun usaha untuk medapatkan rezeki dan hasil yang didapat dari rezeki itu selalu di syukurinya dalam hidup.

2. Harapan akan kenikmatan akhirat nantinya
Semua makhluk yang bernyawa pasti akan merasakan kematian, dimana perpisahan yang terjadi antara roh dan jasad. Roh akan kembali kepada penciptanya dan jasad akan kembali ke tanah dimana dia berasal sebelumnya. Tiada kenikmatan yang abadi kecuali kenikmatan di akhirat. Disana kenikmatan yang terasa akan kekal dan tidak akan pernah hilang.

Maka beruntunglah hati yang selalu meminta kenikmatan akhirat dan berusaha istiqomah dalam menjalankan segala perintah Tuhan. Dimana bayarannya insyaallah adalah kenikmatan akhirat nantinya setelah melewati kehidupan di dunia yang hanya bersifat sementara ini.

3. Terbebas dari siksa api neraka
Siksa api neraka diciptakan oleh Allah SWT sebagai hukuman dari dosa yang dilakukan makhluk ciptaanya di dunia. Sebelumnya Allah telah menerangkan dengan lengkap dalam hadist dan alquran perkara apa yang dapat menyebabkan seseorang masuk ke dalam neraka dan mendapatkan siksa dari api neraka. Sebagai umat muslimkita percaya bahwa siksa api neraka itu ada dan nyata setelah nantinya ditimbang amal ibadah kita selam hidup di dunia. Maka tersenyumlah orang yang berat amal timbangannya berarti surga ada didepan mata. Sedangkan menangislah bagi orang yang ringan timbangan kebaikannya karena siksa api neraka sebentar lagi akan diterimanya. Semoga kita termasuk orang yang dijauhi dari siksa api neraka.

4. Sehat lahir dan batin
Sehat merupakan harta yang paling berharga dibandingkan dengan uang yang berlimpah. Kesehatan nikmatnya akan terasa hanya bagi orang yang pernah merasakan bagaimana rasanya sakit dan ingin segera sembuh. Namun dibalik itu semua sehat yang kita minta adalah sehat lahir dan batin. Seperti doa sapu jagad yang memohon untuk diberikan kesehatan lahir dan batin.Semoga dengan istiqomah melakukannya kita bisa mendapatkan kesehatan tidak hanya yang bersifat lahir namun juga batin yang ada didalam hati terhindar dari iri dan dengki.

5. Mendapatkan jodoh yang sholeh
Manfaat berikutnya dari doa sapu jagad ini adalah perihal jodoh. Setiap makhluk hidup telah dipasang-pasangkan oleh Allah dari jenis mereka sendiri agar mereka cenderung merasa tentram denga jodohnya masing-masing. Percayalah bahwa jodoh tidak akan pernah tertukar. Jika ingin mendapatkan jodoh yang sholeh dan sholehah cobalah untuk mengamalkan dia sapu jagad ini setelah selesai sholat fardhu.Itulah beberapa manfaat dari doa sapu jagad ini dalam kehidupan dunia dan kehidupan akhirat. Subhanallah..Inilah Kedahsyatan Doa Sapu Jagad Anda pasti pernah mendengar doa yang berbunyi

“Rabbana atina fiddunya hasanah, wa fil-akhirati hasanah,wa qina 'adzabannar”.

Ya,ini adalah doa sapu jagad yang ringkas namun penuh makna. Doa ini menurut para ulama mencakup seluruh permintaan manusia. Karena itu dinamakan doa sapu jagad. Pasalnya seluruh permohonan manusia pada hakikatnya tidak lepas dari kebahagiaan dunia dan akhirat.

Dari Anas bin Malik, Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah SAW berkata“Doa yang lebih sering diucapkan Rasulullah SAW adalah doa sapu jagad yang artinya “Ya Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia,berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari adzab Neraka”.” (HR. Bukhari). Doa sapu jagad termasuk dari surah Al-baqarah ayat 200 dan ayat 201.

Meski banyak dipanjatkan dalam majelis, namun tidak banyak yang tahu apa sebenarnya manfaat dari bacaan doa ini. Padahal dalam ajaran Islam,doa yang sering dipanjatkan oleh Rasulullah SAW adalah doa yang mustajab.Doa ini disyari’atkan untuk dibaca di segala kondisi

1. Doa sapu jagad mencakup tiga hal yaitu meminta kenikmatan dunia, kenikmatan akhirat dan terbebas dari api neraka. Bukankah ini yang tujuan hidup manusia, tidak hanya melulu doa untuk di dunia, namun juga berdoa untuk kehidupannya di akhirat kelak. Sehingga jika sering memanjatkan doa ini, Insyaallah dikabulkan Allah SWT sebab termasuk doa yang sering dipanjatkan Nabi Muhammad.

2. Doa sapu jagad juga dipercaya bisa mendatangkan jodoh yang soleh dan soleha. Hal ini berdasarkan tafsir dari Ibnu Abbas Abbas rodhiyallohu ’anhuma, yang mengatakan bahwa makna hasanah atau kebahagian dunia salah satunya adalah menikahi orang yang shaleh dan soleha. Maka dari itu,sering membaca doa ini setelah shalat bisa mendekatkan jodoh.

3. Meski pendek dan ringkas, ternyata doa ini juga mencakup dengan nikmat sehat yang diinginkan manusia. Membaca doa ini sehabis shalat,insyaallah bisa selalu menyehatkan tubuh lahir dan batin.
4. Doa ini juga bisa melapangkan hati orang yang mendapat musibah. Nabi Muhammad SAW pernah membaca doa ini ketika menjenguk kerabatnya yang sedang sakit. Dan Allah pun menyembuhkannya.
5. Dalam doa ini juga terdapat kata “wa fil âkhirati hasanah”, yang

artinya “dan juga kebahagiaan akhirat”. Yang dimaksud dengan hasanah di akhirat adalah : terbebas dari rasa takut, di Padang Mahsyar mendapat naungan Allah, meraih syafaat dari Rasulullah saw, mendapat hisab yang ringan,selamat dalam menyeberangi jembatan antara dua tepi neraka jahannam, selamat dari kebangkrutan pahala, mendapat ampunan dan ridha Allah, menikmati surga yang abadi dan puncaknya dapat bertemu dengan Allah SWT.

6. Akhirnya, doa “sapu jagat” itu dipungkas dengan “wa qinâ ‘adzbânnâr” yang artinya “dan hindarkanlah kami adzab api neraka”. Kenapa doa ini diakhiri dengan permintaan terhindarnya dari api neraka?” Karena kebaikan di akhirat seperti masuk surga bisa jadi diperoleh setelah mengalami siksa terlebih dahulu. Maka penggalan ketiga dalam doa ini menjadi penting.

Demikian yang dapat saya jelaskan tentang Doa sapu jagad mudah mudahan bisa bermanfaat dan terimakasih sudah membaca. Dan jika menurut anda artikel ini bermanfaat Silahkan bagikan ke semua sahabat dan saudara anda terima kasih. KUMPULAN ILMU

0 Response to "Doa sapu jagad paling ampuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel