8 Tahap Perjalanan Hidup Setelah Mati menurut Al quran

8 Tahap Perjalanan Hidup Setelah Mati menurut Al quran

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, teman kumpulan ilmu, Semenjak Malam Awal di Alam Kubur sampai Lewatkan Ini, Sejatinya kematian merupakan dini dari mulainya episode di dalam kehidupan. 

 8 Tahap Perjalanan Hidup Setelah Mati menurut Al quran

Tidaklah jadi kemusnahan melainkan sesuatu update dan perpindahan dini hidup sesungguhnya. Kehidupan sehabis mati bagi Islam, mati ialah suatu yang tentu buat tiap makhluk yang bernyawa, semacam seperti itu firman Allah. Kehidupan yang dijalani di dunia ini cumalah suatu game serta tempat singgah buat sedangkan saja.

1. Alam Barzakh( Alam Kubur)

Kehidupan sehabis mati bagi islam yang awal merupakan alam kubur. Alam kubur ialah tempat persinggahan awal sehabis mati. Didalam alam kubur inilah manusia telah dapat mengenali dimana hendak tinggal di akhirat nanti, apakah di surga ataupun di neraka. Sehabis manusia merambah alam kubur, dia hendak ditanya oleh 2 malaikat yang bernama Munkar serta Nangkir. Malaikat itu menanyakan tentang siapa Tuhan sang Mayit, apa agamanya, apa kitab yang jadi pedomannya serta siapa nabinya? Sang mayit hendak menanggapi persoalan 2 malaikat tersebut cocok dengan amaliyahnya di dunia, ialah siapa yang jadi tuhannya dalam pengamalannya kala hidup di dunia.

Apa agamanya kala hidup di dunia, apa kitab yang jadi pedomannya kala hidup di dunia, serta siapa nabi yang dia simak kala di dunia. Seluruh persoalan itu hendak dijawab cocok dengan pengamalannya kala hidup d dunia. Sehingga tidak dapat direkayasa. Serta bila dia lulus dari persoalan 2 malaikat tadi, hingga dia hendak diistirahatkan di halaman surga buat menunggu kiamat. Tetapi bila dia kandas dari 2 malaikat tadi, hingga dia hendak ditempatkan di terasnya neraka hingga hari kiamat.

2. Hari Kebangkitan

Hari kebangkitan merupakan kehidupan sehabis mati bagi islam berikutnya yang hendak dijalani sehabis malaikat israfil meniupkan sangkakalanya. Kala malaikat israfil meniupkan sangkakala yang awal, hingga seluruh makhluk hendak binasa. Setelah itu dia meniupkan buat yang kedua kalinya, sehingga seluruh makhluk hendak hidup kembali tanpa terkecuali.

3. Penggiringan Ke Padang Mahsyar

Sehabis seluruh makhluk dibangkitkan tanpa terkecuali, tercantum dari kalangan jin, manusia serta hewan. Padang Mahsyar merupakan tempat datar yang sangat luas. Di tempat ini seluruh makhluk dari bumi serta langit susunan ketujuh dikumpulkan buat diadili. Seluruhnya berkumpul dalam kondisi berdesak- desakan. Tiap manusia pada hari itu hendak diadili dengan diiringi oleh 2 malaikat. Yang satu bagaikan pengiringnya serta yang satu lagi bagaikan saksi atas seluruh perbuatannya di dunia.

4. Yaumul Mizan( Hari Penimbangan Amal Baik serta Amal Kurang baik)

Sehabis seluruh makhluk terkumpul dalam padang mahsyar. Tibalah saatnya buat memperlihatkan novel catatan amal dari jin serta manusia, Amal mereka hendak ditimbang serta dihitung, mana yang lebih banyak, amal baik ataupun amal kurang baik.

5. Yaumul Hisab

Sehabis menerima novel catatan, para jin serta manusia hendak menempuh penghitungan amalnya. Seluruh amal kebaikan sekecil apapun hendak menemukan balasannya. Serta kebalikannya, seluruh amal kejelekan sekecil apapun pula hendak menemukan balasannya.“

إِنَّإِلَيْنَاإِيَابَهُمْ

Inna ilainā iyābahum

Terjemah Makna:“ Sebetulnya kepada Kami- lah mereka kembali,” ialah kembali serta berkumpulnya manusia pada Hari Kiamat.“ Setelah itu sebetulnya kewajiban Kami- lah menghisab mereka,” atas kebaikan serta keburukan yang mereka jalani. Seluruh puji untuk Allah semata, Rabb semesta alam.

ثُمَّإِنَّعَلَيْنَاحِسَابَهُمْ

ṡumma inna alaināḥisābahum

Terjemah Makna: Sebetulnya, sehabis mereka mati, cuma kepada Kami- lah tempat mereka kembali. Kami yang berkuasa berikan balasan atas amal mereka di padang Mahsyar. Kami hendak membalas seluruh perbuatan mereka di dunia, quran- surat- al- ghasyiyah- ayat- 25. 26.

Rasulullah shallallahu‘ alaihi wa sallam kerap berdoa di dalam sholat dengan mengucapkan:

اَللَّهُمَّحَاسِبْنِىحِسَابًايَسِيرًا

Allaahumma haasibnii hisaaban yasiiron.

Terjemah Makna: Ya Allah, hisablah saya dengan hisab yang gampang.

HR. Ahmad 6/ 48. Syaikh Syu’ aib (AL) Arnauth berkata kalau hadits ini shahih tidak hanya perkataan: Aku sudah mendengar Nabi shallallahu‘ alaihi wa sallam pada sebagian shalatnya membaca:( doa di atas). Ini merupakan bonus di mana Muhammad bin Ishaq bersendirian dalam meriwayatkannya.

Hadits sepenuhnya:

Dari Aisyah, dia mengatakan, aku sudah mendengar Nabi shallallahu‘ alaihi wa sallam pada sebagian shalatnya membaca:( doa di atas). Kala dia berpaling aku bekata,“ Wahai Nabi Allah, apa yang diartikan dengan hisab yang gampang?” Dia bersabda,“ Seorang yang Allah memandang kitabnya kemudian memaafkannya. Sebab orang yang diperdebatkan hisabnya pada hari itu, tentu celaka wahai Aisyah. Serta tiap bencana yang mengenai orang beriman Allah hendak menghapus( dosanya) karenanya, apalagi hingga jarum yang menusuknya.”

Yang diartikan dengan doa tersebut diterangkan dalam hadits di atas. Iktikad“ hisab yang gampang” merupakan dikala di mana dosa- dosa seseorang mukmin di hadapkan pada Allah, kemudian dia juga mengakui dosa- dosanya itu. Setelah itu sehabis itu Allah mengampuni dosa- dosanya sehabis dia bersendirian dengan Allah serta tidak terdapat seseorang juga yang melihatnya kala itu.

Dari Shafwan bin Muhriz kalau seseorang pria sempat bertanya kepada Ibnu Umar,“ Gimana Kamu mendengar sabda Rasulullah shallallahu‘ alaihi wasallam tentang An Najwa( bisikan di hari kiamat)?” Ibnu Umar menanggapi,“ Ialah salah seseorang dari kamu hendak mendekat kepada Rabb- nya. Setelah itu Ia meletakkan naungan- Nya di atasnya. Setelah itu Ia berfirman,‘ Apakah kalian sudah berbuat ini serta ini?’ Hamba itu menanggapi,‘ Ya, benar.’ Ia berfirman lagi,‘ Apakah kalian sudah melaksanakan ini serta ini?’ Hamba itu menanggapi,‘ Ya, benar.’ Ia juga mengulang- ulang pertanyannya, setelah itu berfirman,‘ Sebetulnya Saya sudah menutupi dosa- dosa tadi( merahasiakannya) di dunia serta pada hari ini saya sudah mengampuninya bagimu.”( HR. Bukhari nomor. 6070).

6. Melintasi Jembatan yang Lurus( Shirotol Mustaqim)

Sehabis lewat proses hisab. Seluruh manusia hendak melewati jembatan yang lurus ataupun yang biasa diucap dengan Shirotol Mustaqim. Dalam melintasi jembatan ini, proses hisab yang tadinya dijalani sangat memastikan nasib manusia. Buat orang dengan keadaan yang sangat kurang baik, jembatan ini hendak jadi sangat kecil, sampai disebutkan ukurannya sekecil rambut dipecah 7 serta tajamnya melebihi samurai. Kebalikannya, buat orang dengan amalan baik banyak, dia hendak melewatinya dengan tenang, terdapat yang sedini kilat, terdapat yang menunggang onta, kambing ataupun sapi dari hasil kurbannya kala di dunia.

7. Surga

Orang- orang sholih yang sukses melewati shirotol mustaqim. Dia hendak ditempatkan di surga atas rahmat Allah. Seluruh orang muslim nanti hendak ditempatkan di surga walaupun dia mempunyai dosa. Cuma saja sebeum dia ditempatkan disurga hendak ditempatkan lebih dahulu di neraka buat mensterilkan dosa- dosanya.

8. Neraka

Neraka merupakan tempat untuk seluruh orang yang mempunyai dosa. Baik itu muslim ataupun kafir. Disebutkan di dalam kitab suci (AL) quran kalau ada 7 tingkatan neraka. Perihal ini sebagaimana Firman Allah:

لَهَاسَبْعَةُأَبْوَابٍلِكُلِّبَابٍمِنْهُمْجُزْءٌمَقْسُومٌ

Lahā sabatu abwāb, likulli bābim min- hum juz`um maqsụm

Terjemah Makna: Jahannam itu memiliki 7 pintu. Masing- masing pintu( sudah diresmikan) buat kalangan yang tertentu dari mereka. Serta sebetulnya neraka yang dahsyat betul- betul jadi tempat kembali iblis serta pengikut- pengikutnya seluruhnya. Dia mempunyai 7 pintu, tiap pintu terletak di dasar pintu lainya. Serta untuk tiap pintu, terdapat jatah serta bagian dari pengikut iblis cocok dengan amal perbuatan mereka. quran- surat- al- hijr- ayat- 44.

Kalangan yang diartikan merupakan orang- orang kafir, munafiq, serta setan, jarak antara satu pintu dengan pintu yang lainya merupakan 5 ratus tahun, serta 7 ratus tahun ekspedisi. Serta disetiap pintu, terdapat azab berlipat ganda.

wallahu alam bissowab. jangan kurang ingat berbagi data dengan share Article ini, sebab sebaik baik manusia merupakan yang berguna untuk manusia, wasallamalaikum warahmatullahi wabarakatuh.

1 Response to "8 Tahap Perjalanan Hidup Setelah Mati menurut Al quran"

  1. Did you know there is a 12 word phrase you can speak to your crush... that will induce intense feelings of love and instinctual attractiveness for you deep within his heart?

    That's because deep inside these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's impulse to love, please and protect you with all his heart...

    ===> 12 Words Will Trigger A Man's Desire Instinct

    This impulse is so built-in to a man's genetics that it will make him try harder than before to do his best at looking after your relationship.

    In fact, fueling this all-powerful impulse is so essential to getting the best possible relationship with your man that once you send your man one of the "Secret Signals"...

    ...You will immediately notice him open his soul and mind to you in such a way he's never experienced before and he will identify you as the only woman in the universe who has ever truly fascinated him.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel